Friday, August 26, 2011

Komunikasi Di Rig Offshore


Banyak orang mengira bekerja di offshore akan terasa jauh dari orang-orang yang di cintai. Susah menghubungi dan di hubungi. Tapi kenyataannya tidak seperti itu.  Tidak ada batas dalam berkomunikasi.


Setiap rig di masa sekarang sudah mengaplikasikan teknologi super canggih. Mereka menggunakan komunikasi satelit yang menggunakan bandwidth yang besar. Percakapan yang terjadi di telepon satelit, di manapun kita berada, terjadi sangat jernih tanpa delay. Bahkan sering mereka melakukan confrensi call dari berbagai negara dalam 1 line. Seandainyapun cuaca buruk, kualitas telepon hanya berkurang sedikit. Selama ini saya hanya melihat 1 perusahaan komunikasi saja yang sering dipakai yaitu Rignet.

Telepon Satelit
Komunikasi satelit rig ini tidak hanya di pakai untuk telepon tapi juga digunakan untuk sarana internet. Di dalam akomodasi sering di buat hot spot area atau menggunakan kabel LAN. Karena besarnya bandwidth yang dipakai, pengguna bahkan bisa menggunakan fasilitas video call by Skype atau berbagai aplikasi komunikasi lainnya.

Pada penerapan tata cara penggunaan alat komunikasi di setiap rig adalah berbeda. Ada rig yang sangat royal. Berkomunikasi tanpa batas. Setiap orang kapan pun dan berapa lama pun, silahkan menggunakan telepon atau internet. Ada juga yang di batasi oleh waktu dan sedikitnya sambungan internet yang di berikan. Semua ini tergantung dari perusahaan rig itu sendiri. Jadi, jangan takut di offshore.

1 comment:

  1. mmmm.....anda beruntung dapat site yg bagus komunikasinya. Pengalaman saya dapat roster saat lebaran di offshore site yg sinyalnya byar pet sejak sehari sebelum lebaran, dan hari ketiga lebaran baru bisa telpon ke keluarga :P

    ReplyDelete