Friday, August 26, 2011

Jadwal Kerja Bekerja Di Rig




Perubahan siklus tubuh sangat terasa saat kita kerja di rig. Dengan sistem kerja 24 jam, anda di haruskan kerja dalam waktu 12 jam sehari menurut aturan keselamatan di rig. 12 jam itu terserah Anda membaginya. Bisa dari jam 6 pagi ke 6 sore dan selanjutnya, atau 12 siang ke 12 tengah malam dan selanjutnya.

Schedule 6 - 6
Bagi anda yang mempunyai shift kerja 6 ke 6 pada shift pagi, hal ini sangat tidak ada masalah. Manusia biasa beraktifitas memang pada saat itu. Bagaimana yang bekerja pada shift malam 6 ke 6. Bukan hal mudah melakukannya. Anda sangat merasa mengantuk di saat fajar. Apalagi kalau kerjaan itu tidak menuntut pekerjaan fisik. Dan di saat mulai pagi atau shift anda untuk beristirahat, Anda tidak akan merasa berkualitas di tidur anda. Dan itu akan mempengaruhi kualitas kerja di saat malamnya nanti.

Schedule 12 - 12 
Bagaimana 12 ke 12. Hal ini sedikit lebih menguntungkan. Tapi survey mengatakan, mereka lebih bersemangat kerja saat mulai kerja jam 12 siang ke 12 malam. Kenapa, saat mereka mulai kerja jam 12 siang, saat itu mata mereka sudah sangat siap menerima sinar matahari. Setelah bertemu malam, tidak langsung mengantuk, karena saat normalpun, manusia biasa dan pernah mulai tidur di atas jam 12 malam. Yang bekerja di shift berikutnya "sedikit" mengalami siklus yang tidak nyaman. Bangun di saat tengah malam yang seharusnya sedang pulas. Di saat selesai shift jam 12 siang, mata belum mengantuk hingga mereka butuh waktu untuk tidur.

Tapi bagaimana pun, inilah dunia rig‎​‎​siap tidak siap, pekerjaan menanti.

3 comments:

  1. blog yang bagus pak, untuk seorang pekerja rig :)
    bisa posting di rig, atau posting ketika liburan pak?

    ReplyDelete
  2. pak mau tanya donk, kalo offshore di PHE di laut jawa itu nggak bisa komunikasi pakai telpon seleuler ya pak??? :((

    ReplyDelete
  3. pak mau nanya donk
    apakah di lokasi kerja offshore tidak di sediakan wifi?
    apakah susah juga untuk di hubungi menggunakan whatsapp/bbm?
    mohon infonya

    ReplyDelete