Saturday, August 27, 2011

Barang dan Perlengkapan Yang Seharusnya Dibawa ke Rig


Apa saja sih barang-barang pribadi yang di butuhkan kerja di rig

TAS
Tas Anti Air

Setiap pekerja rig umumnya membawa 2 tas tapi sebagian hanya membawa 1 tas. Biasanya yang bawa 2 tas terdiri dari 1 tas besar yang berisi pakaian kerja, pakaian pribadi, peralatan pribadi. Satu tas lagi biasanya tas punggung (back pack). Isi biasanya laptop, player atau barang apapun yang di anggap mahal. Termasuk paspor dan dompet.

Gunakanlah tas berukuran sedang. Kalau punya banyak tas, sesuaikanlah tempat rig yang akan di tuju. Misal rig offshore, berarti kita akan pergi ke airport 1 ke airport yang lain. Di mana kita akan membawa tas kita cukup jauh di terminal pesawat. Jadi gunakanlah troley bag (tas seret yang mempunyai roda). Seandainya punya, gunakan trolley bag yang hard case. Artinya mempunyai bodi yang keras. Hal ini di sebabkan handling bagasi di airpot yang kasar. Angkat lempar dan timpa. Jadi, tidak ada salahnya untuk investasi, belilah tas yang berkualitas tinggi. Selain itu pastikan tas dalam keadaan terkunci.

Kalau akan berangkat ke rig onshore atau darat. Usahakan tidak memakai yang beroda. Karena percuma. Tas anda tidak akan bisa di seret di tanah becek, dan pada akhirnya di angkat juga. Saya menyarankan agar sekalian menggunakan tas punggung yang besar. Saya punya pengalaman mendapatkan lokasi pengeboran di rawa. Menggunakan boat, setelah sampai masih harus melompati boat atau kapal yang lain. Sangat merepotkan ketika menggunakan tas jinjing. Belum lagi kalau camp nya masih harus di tempuh dengan bejalan kaki. Dengan tas punggung, minimal tangan kita free dan tidak capek menuju perjalanan ke camp. Gunakan tas yang berbahan dasar seperti terpal. Tas seperti ini sebenarnya jarang saya jumpai di pasaran. Biasanya ini di produksi untuk kalangan terbatas. Jadi, buka network anda dan bertanya tanyalah di mana bisa mendapatkan tas itu. Rig onshore atau rig darat terkenal akan lahannya yang becek, jadi masalah hujan, kotor, becek dapat di bersihkan dengan cepat.

Pakaian

Saya membaginya 2 katagori. Pakaian kerja dan pakaian akomodasi. Perlu di ingat, jangan membawa pakaian berwarna putih, kecuali kalian rela si putih itu menjadi si coklat. Pakaian kerja biasanya terdiri dari Coverall, kaos dalam, celana pendek dan celana dalam dan kaos kaki. Persiapkan masing-masing untuk 2 pasang. Itu minimal.

Untuk pakaian akomodasi. Ini terserah kenyamanan anda. Umumnya bawa t-sirt, celana pendek, celana training, jaket. Kenapa harus bawa celana panjang (celana training) dan jaket? Percayalah, akomodasi terutama offshore sangat dingin. Bisa mencapai suhu 12 derajat celcius. Bawalah juga kaos kaki untuk menahan dingin.

Ini adalah fakta, celana dalam dan kaos kaki adalah barang yang paling sering lenyap entah kemana. Kita masukan ke laundry, pulang sudah tidak ada bahkan tertukar dengan punya orang lain. Begitu dicari sudah tidak ketemu lagi. Kecil kemungkinan di curi (siapa pula yang sudi mencuri CD), tapi tertukar atau terselip di suatu tempat. Malas rasanya harus menggeledah kamar-kamar yang lain.

Handuk biasanya di siapkan di akomodasi rig, tapi jangan terlalu mengandalkan. Lebih baik bawa 1 sebagai cadangan. Dan 1 tips lagi. Bawa sarung bantal. Kenapa? Ini lagi-lagi sering terjadi di rig darat. Infrastruktur dan fasilitas yang membuat barang ini hilang dari peredaran. Bantal yang seharusnya nyaman, tapi tidak ada hingga membuat anda tidak bisa tidur nyenyak. Atau bantal yang di sediakan bau. Hmmm... Jadi tidak ada salahnya bawa sarung bantal sendiri.

Sendal jangan lupa di bawa. Beberapa rig sudah menerapkan larangan menggunakan sendal jepit dengan alasan keselamatan. Pilihlah sendal yang tertutup depannya serta berilah identitas jika sendal milik anda mempunyai kesamaan dengan milik orang lain.

Alat Hiburan
Laptop adalah benda yang paling sering di bawa ke rig. Segala jenis hiburan bisa kita lakukan di perjalanan ataupun di rig. Belum lagi dengan banyaknya produk broadband yang memanjakan kita untuk berselancar di dunia maya. Tapi perlu di ingat bahwa untuk colokan listrik atau stacker listrik laptop dan rig kadang tidak cocok. Jadi bawa lah universal adapter agar semua sumber listrik bisa kita pakai.

Selain itu ada baiknya kita membawa kabel ekstensi pendek dengan beberapa terminal. Terkadang di kamar hanya menyediakan satu sumber listrik hingga menyulitkan saat share. Bawalah juga kabel LAN kurang lebih 2 meter untuk penggunaan internet yang (kadang) di sediakan rig.

Jika anda pencinta film, bawalah beberapa CD film untuk hiburan di kala senggang atau bahan bacaan / novel. Buat stamina, sebagian besar rig offshore terdapat fasilitas gymnasium. Bawalah sepatu karet jika anda ingin sedikit berolah raga.

Barang Pribadi
Keperluan mandi seperti pasta gigi, sikat gigi dan shampo adalah wajib. Sabun sebagian besar di sediakan rig, tapi sebaiknya bawa juga. Cukuran dan deodoran juga di bawa. Sebagai tambahan, bawalah facial foam (sabun muka) dan sun block cream. Facial foam sudah pasti akan membersihkan sisa-sisa kotoran berupa debu, chemical, minyak bahkan oli dari mesin. Sun block cream dipakai pada saat akan bekerja siang, jika tidak, bersiap-siaplah terbakar wajah anda. Panas matahari yang terlalu terpapar bisa menyebabkan kangker kulit. Cotton bud, gunting kuku dan sisir juga harus di siapkan.

Obat-obatan
Bawalah selalu obat-obat ringan untuk sakit yang menyerang tiba-tiba. Misal untuk batuk, sakit perut, pusing dan masuk angin. Siapkan juga anti biotik untuk sakit yang agak parah.

Simpan semua obat tersebut dalam tempat khusus, terpisah dari yang lain. Serta perhatikan juga tanggal kadar luarsa. Cek secara berkala obat-obatan tersebut. Jika sudah atau hampir expired, gantilah dengan obat yang baru.

Bawa juga vitamin yang biasa anda minum, karena pekerjaan di rig adalah pekerjaan yang membutuhkan stamina yang kuat. Jika kita mudah sakit, perusahaan akan berpikir dua kali mengirim anda.

Semua hal di atas adalah fleksibel, tergantung dari orangnya. Tapi apa yang saya tulis di atas adalah standar personal laguage. Selebihnya terserah Anda.

2 comments:

  1. Untuk pekerja wanita ke pengeboran : jangan lupa bawa mukena. Gak ada disana.....hehe......Pernah saya lupa bawa, dan terpaksa shalat pake coverall bersih atau selimut bersih....hehe....

    ReplyDelete
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    ReplyDelete